Cara Menghapus Malware Aplikasi Tencent Mirip Software Baidu Berbahasa Cina Dengan Menguninstallnya Dari Daftar Program

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Cara Menghapus Malware Aplikasi Tencent Mirip Software Baidu Berbahasa Cina Dengan Menguninstallnya Dari Daftar Program - Kali ini saya akan membagikan sebuah trik mudah untuk kamu yang ingin menghapus sebuah program atau aplikasi berbahasa Cina.

Yap, mungkin bagi kamu yang sudah terkena oleh adware ini maka mengerti maksud dari saya aplikasi komputer berbahasa Cina ini.

Tentunya aplikasi ini akan sangat menggangu kamu dikarenakan terinstall tanpa kita ketahui sama sekali apalagi dengan fungsi yang tidak kita butuhkan. Namun, tenang saja karena disini saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk menghapus program berbahasa Cina ini dengan mudah!

Trik Menghapus Malware Berupa Aplikasi Tencent Yang Berbahasa Cina

Cover Cara Menghapus Malware Aplikasi Tencent Mirip Baidu Berbahasa Cina Dengan Menguninstallnya Dari Daftar Program

Sebenarnya saya kurang tahu mengenai apa sih program yang terdapat di gambar di atas?

Karena seperti yang kamu tahu bahwa program atau aplikasi di atas menggunakan bahasa Cina sehingga fungsi dari aplikasi di atas sendiri saya kurang tahu.

Oke, saya baru menyadari mengenai keberadaan aplikasi di atas ketika mengecek netbook milik kakak saya.

Disana terlihat terdapat sebuah aplikasi berbahasa Cina, awalnya saya kira ini merupakan sebuah aplikasi utility bernama baidu dikarenakan tampilannya yang mirip.

Namun, setahu saya bahwa aplikasi baidu itu menggunakan bahasa Inggris dan tidak menggunakan bahasa Cina. Selain itu cuma tampilannya yang mirip tapi nggak sama-sama amat.

Nah, dari pengamatan saya ini aplikasi mirip dengan baidu yaitu fungsinya sebagai utility yang berperan untuk meningkatkan kinerja komputer ataupun laptop.

Lalu apa masalahnya malah bagus dong terinstall aplikasi seperti itu?

Oke, jujur dengan terinstallnya aplikasi di atas malah tidak akan berdampak baik bagi komputer maupun laptop kamu. Disini saya akan membeberkan alasannya (tolong tambahkan jika ada yang kurang).

  • Aplikasi ini tergolong sebagai malware, karena terinstall tanpa sepengetahuan pemilik PC. Bisa saja melalui internet ataupun melalui jebakan batman saat menginstall program yang lainnya.
  • Tidak akan membantu pengguna, karena para pengguna tidak akan tahu cara mengoperasikannya sebab memakai bahasa Cina. Jadi buat apa ada kalau misalkan kita tidak tahu cara menggunakannya?
  • Biasanya aplikasi seperti ini sama sekali kurang bagus kualitasnnya, karena dari penginstallannya aja memaksa tanpa sepengetahuan. Jika aplikasi ini bagus maka mereka tidak akan memaksa karena para user sendirilah yang akan menginstallnya karena aplikasinya bagus dan populer.
  • Karena kualitasnnya kurang bagus maka tentu saya tidak akan mempengaruhi apa-apa terhadap kinerja komputer maupun laptop. Malahan hanya akan melambatkan kinerja PC milikmu, karena memiliki aplikasi yang tidak berguna seperti itu.

Nah, itulah 4 alasan yang saya gunakan untuk menguninstall aplikasi berbahasa Cina tersebut dari Netbook kakak saya. Sebelum saya menghapus aplikasi tersebut saya pun bertanya terlebih dahulu kepada kakak saya.

Saya   :"kak, aplikasi ini boleh dihapus nggak?"
Kakak:"Hapus aja, tadinya mau dihapus tapi nggak ngerti karena bahasanya bahasa Cina"
Saya   :"Emangnya kalau nginstall apa-apa nggak diliat-diliat dulu gitu? atau pas internetan malah download iklan atau apagitu?"
Kakak:"ya, kalau install aplikasi mah tinggal next-next aja. Kalau untuk iklan kayaknya memang kadang-kadang suka ngedownload sendiri gitu"

Dari percakapan di atas maka saya dapat menyimpulkan bahwa kemungkinan aplikasi ini terinstall secara tidak sengaja melalui salah satu dari 2 metode di bawah ini.

  • Ketika melakukan penginstallan sebuah aplikasi kakak saya tidak melihat bahwa dengan menginstall aplikasi tersebut maka kakak saya telah setuju menginstall aplikasi lainnya. Sebenarnya ini bisa di atasi dengan cara uncentang terhadap pilihan untuk menginstall program lainnya itu, namun biasanya pengguna awam pasti kalau install software tinggal klik next-next saja jadi biasanya mereka akan terkena jebakan batman ini
  • Ketika sedang melakukan kegiatan browsing kakak saya tidak sengaja mendownload sebuah installer software dari sebuah iklan bisa berupa pop up atau sejenisnya. Setelah itu software tersebut tidak sengaja terinstall. Atau ketika kakak saya ingin mengunduh software ternyata dia malah klik iklan bukan link download yang sebenarnya sehingga yang dia install malah bukan software yang diinginkan.

Apapun penyebabnya, intinya aplikasi ini harus segera saya hapus agar tidak memperlambat kinerja dari netbook kakak saya.

Namun, kendalanya adalah bahasanya tidak saya mengerti jadi saya tidak tahu ketika melakukan proses uninstall mana tulisan yes atau no.

Akhirnya saya browsing deh caranya. Dari hasil browsing tersebut saya mendapatkan 2 info yang lumayan menarik dan penting menurut saya, yaitu:

  • Rupanya software ini memiliki nama (jelaslah) dan namanya adalah "Tencent"
  • Rupanya banyak juga yang Komputer maupun Laptopnya terinstall software bernama Tencent ini. Kebayakan dari mereka tidak tahu cara menghapusnya dikarenakan memakai bahasa Cina dan mereka sangat terganggu karena Tencent ini suka muncul tiba-tiba apalagi mereka kurang tahu fungsinya.

Nah, barangkali kamu mengalami masalah yang sama maka kamu dapat melihat langkah-langkah menghapus aplikasi Tencent di bawah ini untuk menghilangkannya dari PC milikmu.

  • Pertama-tama kita buka terlebih dahulu Windows Explorer dengan mengklik shorcutnya atau bisa dengan kombinasi tombol Windows + E pada Keyboard. Lalu bukalah Local Disk C setelah itu buka folder Program Files berikutnya bukalah folder Tencent
    Buka Windows Explorer, Local Disk C dan Folder Tencent
  • Selanjutnya buka lagi folder didalamnya bertuliskan QQPCMgr
    Buka Folder QQPCMgr
  • Berikutnya kita buka folder bertuliskan versi software. Jika ternyata terdapat 2 folder bertuliskan versi software maka pilihlah folder yang bertuliskan versi terbaru
    Buka Folder Bertuliskan Versi software
  • Setelah itu cari dan klik Uninsts.exe untuk segera menghapusnya dari daftar program
    Klik uninst
  • Maka setelah itu aplikasi tencent akan segera terbuka. Nah, pilihlah tombol yang sebelah kiri dengan mengkliknya
    Pilih tombol yang sebelah kiri
  • Kemudian Ceklistlah ketiga pilihan yang ada lalu klik tombol yang sebelah kanan, nantinya akan muncul notifikasi dan kamu klik saja tombol sebelah kiri
    Ceklist Semua Pilihan Lalu Klik Tombol Sebelah Kanan nanti di notifikasi klik tombol sebelah kiri
  • Selanjutnya tunggulah proses uninstall dari Aplikasi Tencent tersebut
    Tunggu Proses Uninstall Aplikasi Tencent
  • Terakhir kamu hanya perlu klik tombol di sebelah kanan untuk mengakhiri tutorial ini
    Terakhir klik tombol sebelah Kanan

Lihat juga video cara menghapus aplikasi Tencent berjudul "Cara Menghapus Malware Aplikasi Tencent Mirip Software Baidu Berbahasa Cina Dengan Menguninstallnya" di bawah ini untuk lebih lengkapnya lagi.



Penutup

Dengan begini maka selesai sudahlah masalahmu dengan aplikasi berbahasa Cina bernama Tencent ini, Setelah ini maka kamu nggak akan terganggu lagi dengan program yang tiba-tiba berjalan menggunakan bahasa Cina yang tidak kamu mengerti.

Selanjutnya, sebaiknya kamu lebih berhati-hati ketika melakukan penginstallan software ataupun ketika berinternet ria di komputer maupun laptop kamu. Hal ini supaya tidak terulang kembali terinstallnya aplikasi sejenis Tencent ini. (http://www.sepukom.blogspot.com)

Disclaimer :

Beberapa Gambar dan video artikel pada yang terdapat blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber dari berbagai pihak lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut dan pengelola blog ini tidak pernah mengaku-ngaku sebagai pemilik hak cipta tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, pihak terkait dapat menghubungi Pengelola di Halaman Kontak.

Author Profile

Website:
Social Media:

Share this

Silakan bagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat dan dirasa teman-temanmu perlu mengetahuinya agar tidak kudet. Setiap share yang kamu lakukan akan membantu perkembangan blog ini dan sangat berarti tentunya.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Subscribe To Get Article

Related Posts

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Perhatian !

1. Jangan membuang-buang waktu dengan melakukan tindakan spam di kolom komentar, karena hanya komentar relevan saja yang akan diterima
2. Jika ingin menyertakan gambar, mohon dicompress terlebih dahulu di TinyPNG.com atau di CompressPNG.com
3. Tolong bantu untuk melaporkan link rusak alias error 404 not found di kolom komentar postingan yang bersangkutan atau bisa melalui Halaman Kontak
4. Jangan ragu bagi kamu yang ingin mengoreksi artikel di atas misal karena penulis memberikan informasi yang salah ataupun terdapat kata yang typo. Setiap koreksi akan sangat membantu dalam membuat artikel menjadi lebih akurat dan bermanfaat tentunya.

Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Sukai
Blogger
Disqus

0 Response to "Cara Menghapus Malware Aplikasi Tencent Mirip Software Baidu Berbahasa Cina Dengan Menguninstallnya Dari Daftar Program"

Untuk Memasukkan Gambar Kamu Hanya Perlu Menaruh Url Gambar di Kolom Komentar