2 Cara Ampuh Mengecek Untuk Mengetahui Keaslian Atau Keoriginalan File ISO Windows dan File Digital Lainnya

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

2 Cara Ampuh Mengecek Untuk Mengetahui Keaslian Atau Keoriginalan File ISO Windows dan File Digital Lainnya - Seperti biasanya, kali ini saya akan share sebuah tutorial yang sangat mudah dan sederhana. Yap kali ini saya akan share sebuah cara lebih tepatnya 2 buah cara yang sangat ampuh untuk mengecek keaslian atau keoriginalan file iso windows.

Mungkin ada diantara kamu yang memiliki sebuah file iso windows baik itu windows 10, 8.1 atau 8 yang diunduh dari website selain microsoft. Nah, mungkin kamu sedikit ragu akan keaslian dari file iso windows tersebut karena kamu mengunduhnya byukan dari situs microsoft.

Jika memang begitu maka kamu nggak usah khawatir karena disini saya akan memberikan kamu cara yang terbilanh cukup ampuh untuk mengetahui keaslian file iso windows. Dengan begitu kamu bisa melakukan pengecekan sendiri dan tahu apakah itu asli atau sudah diedit.

Cara Ampuh Mengecek Untuk Mengetahui Keaslian Atau Keoriginalan File ISO Windows

Cara Mengecek Untuk Mengetahui Keaslian Atau Keoriginalan File ISO Windows dan File Digital Lainnya

Oke kita masuk ke inti pembicarannya yaitu kita akan membahas 2 Cara Ampuh Mengecek Untuk Mengetahui Keaslian Atau Keoriginalan File ISO Windows yang akan saya jelaskan dan terangkan tutorialnya dibawah ini.

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini file iso windows sudah bertebaran dimana-mana, mulai dari berbagai macam dari website dan situs. Nah sudah barang tentu bahwa sudah banya orang yang mungkin termasuk kamu mendownload file iso windows dari website atau situs.

Nah saat kita download file iso windows dari website atau situs yang tidak resmi, tentunya kita tidak tau dari keaslian file iso windows tersebut. Bisa saja file iso windows tersebut telah diedit olrh uploader atau lainnya. Ini sangat berbeda jika kamu download file iso windows langsung dari situsnya karena tentunya keaslian serta keoriginalannya telah terjamin.


Bukannya berburuk sangka, tapi kalau mialnya file iso windows tersebut benar telah diedit dan telah dimasukkan semacam keylogger maka kamu dalam bahaya karena kamu akan bisa kemalingan data-data di PC kamu.

Lalu bagaimana solusinya? seperti yang saya sebut di atas kamu bisa dengan download langsung file iso windows dari situs microsoft. Adakah solusi lainya? Yap ada. kamu bisa cek verifikasi integritas dari file iso yang kamu download.

Nah disini saya akan memberikan 2 cara ampuh yang dapat mengecek atau memverifikasi integritas dari keaslian atau keoriginalan dari file iso windows. Hal ini demi menghindarkan kamu dari file iso windows yang sudah diedit oleh uploder, silakan kamu simak langkah-langkahnya.

Cara Mudah Memastikan Keaslian File ISO Windows 

Sip kali saya akan share cara mudah memastikan keaslian file iso windows yang saya dapatkan dari sumber Winpoin.

Caranya sangat mudah, pertama-tama silakan kamu download dulu Hastab yang dapat melihat Hash dari file iso microsoft atau file digital lainnya untuk kamu bandingkan dengan hash dari file iso microsoft yang asli atau pembuat file digital.

Hashtab Logo
HashTab
Lihat Hash File Dengan Mudah
Download

Dengan software Hastab ini kamu dapat melihat hash dari file iso windows dan dile digital lainnya. Nah kamu bisa melihat hash dari file iso windows lalu membandingkannya dengan hash file iso windows yang asli dari microsoft. Silakan kamu ikuti langkahanya di bawah ini.
  • Pertama kamu download terlebih dahulu software hastab di atas lalu install
  • Lalu langkah berikutnya kita akan membandingkan hash dari file iso windows yang kita download dengan yang asli
  • Contohnya adalah 2 file iso windows di bawah ini akan kita cek keasliannya atau keoriginalannya untuk memastikan belum diutak-atik oleh sang uploader
    Contoh 2 file iso windows 10 yang akan di cek keasliannya
  • Kemudian klik kanan pada file iso windows 10 tersebut kemudian klik properties
    Klik kanan file iso windows 10 kemudian klik properties
  • Selanjutnya buka tab file Hashes, tunggulah sebentar maka detail dari keterangan hash dari file iso windows tersebut akan muncul. (tab file hashes akan muncul bila kamu sudah menginstall hashtab)
    Buka tab File Hashes untuk melihat detail keterangan hash dari file iso windows 10
  • Kemudian copy lalu pastekan hash SHA-1 yang dipublish microsoft dan bandingkanlah dengan file iso windows 10 tersebut
    Detail hash SHA-1  Windows 10 Insider Preview
  • Sebagai contoh di file iso windows 10 pertama ini setelah dicek ternyata udah nggak asli atau udah nggak original lagi. Artinya file iso ini udah diutak-atik oleh sang uploader, hal ini ditandai dengan tanda silang (X) yang berwarna merah pada tab tersebut
    Tanda File Iso Windows sudah tidak asli lagi
  • Selanjutnya kita lakukan hal yang sama dengan file iso windows yang kedua, setelah di cek ternyata file iso windows kedua ini memiliki file hash yang sama dengan file iso windows dari microsoft. Hal ini berarti bahwa file iso windows ini asli dan original alias belum diutak-ati oleh sang uploader ataupun siapapun. Hal ini ditandai dengan tanda centang hijau yang menunjukkan kesamaan Hash SHA-1.
    Tanda File Iso Windows asli dan original

Nah dengan cara di atas maka dapat diketahui bahwa file iso windows yang pertama itu udah nggak asli lagi dan udah nggak original sedangkan file iso windows yang kedua itu asli dan original. Ini artinya file iso windows yang pertama telah diutak-atik dan diubek-ubek oleh sang uploader atau siapapun itu sedangkan file iso windows kedua itu tidak pernah diutak-atik.

Oh ya selain untuk mengetahui keaslian dari file iso windows, kamu juga bisa memastikan keaslian dari file digital lainnya dengan cara ini. Oh ya satu lagi, ada cara lainnya lho untuk mengetahui keaslian dan keoriginalan file iso windows silakan kamu baca cara selanjutnya.

Cara Mudah Mengecek Keoriginalan File ISO Windows

Oke, sebenarnya cara di atas juga sudah cukup untuk memastikan keaslian dari file iso windows. Namun disini saya kasih tutor lainnya yang sebenarnya mirip dengan tutorial di atas. Oh ya Tutorial ini saya dapat dari software182

Tutorial kali ini cara kerjanya sama dengan tutorial sebelumnya, yaitu menyamakan detai hash pada file iso windows dengan file iso windows yang asli dari microsoft. Namun kali ini kita akan menggunakan bantuan software MD5 & SHA Checksum Utility. Silakan kamud ownload dulu softwarenya dari link di bawah ini.

Logo MD5 & SHA Checksum Utility
MD5 & SHA Checksum Utility
Cek Keaslian Software Kamu
Download

Software MD5 & SHA Checksum Utility ini bersifat portable jadi kamu bisa menjalankannya tanpa perlu menginstallnya terlebih dahulu. Nah software ini berfungsi sama seperti hastab yaitu untuk memberikan detail hash pada file.

Sebagai contoh disini kita akan mengecek keaslian dari file iso Windows 8.1 with Update (multiple editions) (x64). Nah seperti cara sebelumnya kita akan menyamakan hash file iso windows 8.1 update ini dengan yang asli kamu bisa melihat daftarnya disini

  • Pertama kamu buka terlebih dahulu MD5 & SHA Checksum Utility
  • Silakan kamu klik browser dan cari lokasi file iso Windows 8.1 with Update (multiple editions) (x64)
  • Selanjutnya kamu tunggu sampai MD5 & SHA Checksum Utility berhasi membaca hash file dari file iso windows
  • Kemudian jika sudah selesai copy lalu paste kode SHA-1 dari file iso windows yang asli lalu klik verify
  • Setelah itu jika sama maka akan muncul notifikasi seperti ini, artinya file iso Windows 8.1 with Update (multiple editions) (x64) itu asli dan belum diubek-ubek oleh sang uploader
    Notifikasi Tanda File Iso Windows asli dan original
  • Namun jika yang muncul adalah notifikasi seperti ini, maka dapat dipastikan bahwa file iso windows sudah tidak asli dan original lagi alias udah diobok-obok sama uploader atau siapapun
    Notifikasi Tanda File Iso Windows Tidak asli
  • Selesai, sekarang kamu akan tau file iso windows yang kamu miliki adalah asli atau bajakan

Kesimpulan

Nah bagi kalian yang nggak mau repot-repot melakukan hal diatas untuk mengecek keaslian serta keoriginalan dari file iso windows, maka saya sarankan untuk download langsung file iso windows langsung dari situsnya yaitu microsoft.

Namun bila kamu malas mendownload dari situs aslinya, mau nggak mau kamu harus melakukan hal di atas untuk memastikan keoriginalan serta keaslian dari file iso windows kamu. Nggak mau kan kalau misalnya kamu terkena pencurian data (misalnya) kalau file iso nggak asli, makanya download aja langsung dari situsnya ;).

(http://www.sepukom.blogspot.com)

Disclaimer :

Beberapa Gambar dan video artikel pada yang terdapat blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber dari berbagai pihak lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut dan pengelola blog ini tidak pernah mengaku-ngaku sebagai pemilik hak cipta tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, pihak terkait dapat menghubungi Pengelola di Halaman Kontak.

Author Profile

Website:
Social Media:

Share this

Silakan bagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat dan dirasa teman-temanmu perlu mengetahuinya agar tidak kudet. Setiap share yang kamu lakukan akan membantu perkembangan blog ini dan sangat berarti tentunya.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Subscribe To Get Article

Related Posts

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Perhatian !

1. Jangan membuang-buang waktu dengan melakukan tindakan spam di kolom komentar, karena hanya komentar relevan saja yang akan diterima
2. Jika ingin menyertakan gambar, mohon dicompress terlebih dahulu di TinyPNG.com atau di CompressPNG.com
3. Tolong bantu untuk melaporkan link rusak alias error 404 not found di kolom komentar postingan yang bersangkutan atau bisa melalui Halaman Kontak
4. Jangan ragu bagi kamu yang ingin mengoreksi artikel di atas misal karena penulis memberikan informasi yang salah ataupun terdapat kata yang typo. Setiap koreksi akan sangat membantu dalam membuat artikel menjadi lebih akurat dan bermanfaat tentunya.

Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Sukai
Blogger
Disqus

0 Response to "2 Cara Ampuh Mengecek Untuk Mengetahui Keaslian Atau Keoriginalan File ISO Windows dan File Digital Lainnya"

Untuk Memasukkan Gambar Kamu Hanya Perlu Menaruh Url Gambar di Kolom Komentar