Download Rufus 2.9 Build 934 Terbaru, Software Untuk Membuat USB Bootable Flashdisk Dengan Mudah dan Cepat

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Download Rufus 2.9 Build 934 Terbaru, Software Untuk Membuat USB Bootable Flashdisk Dengan Mudah dan Cepat - Kamu ingin membuat usb bootable untuk misalnya menginstall ulang windows? Jika memang begitu maka bagaimana jika kamu mencoba software bernama rufus ini untuk membuat media instalasi bootable usb.

Yap, mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan yang namanya Rufus ini. Pasalnya software ini merupakan tools yng benar-benar populer untuk membuat media instalasi bootable untuk install ulang windows.

Nah, buat kamu yang memang ingin membuat USB Bootable Flashdisk maka saya sarankan menggunakan software Rufus ini. Karena Rufus ini merupakan tools yang paling populer diantara tools sejenis lainnya.

Download Software Rufus Versi 2.9 Build 934 Terbaru

Bagi kamu yang membutuhkan Rufus untuk membuat media instalasi USB bootable Flashdisk. Maka kamu bisa download software Rufus melalui link di bawah ini. Tolong laporkan bila ternyata linknya rusak agar dapat segera di perbaiki.

Rufus
Rufus2.9.934
Software untuk membuat USB Bootable
Download

Jika ternyata link di atas telah rusal dan error 404 not found, maka kamu dapat menggunakan link di bawah ini sebagai alternatif untuk sementara sampai link di atas di perbaiki.

Alternatif Link :

Pengenalan Rufus

Rufus ini merupakan sebuah tools yang membantu kamu untuk memformat lalu membuat media instalasi USB bootable Flashdisk.

Mungkin ada diantara kamu yang ingin membuat USB Bootable dengan berbagai alasan diantaranya adalah di bawah ini:

  • Kamu ingin membuat Media Instalasi Bootable dari file ISO seperti untuk menginstall ulang Windows ataupun Linux
  • Kamu membutuhkan Komputer atau Laptop yang belum terinstall sistem operasi manapun
  • Kamu ingin melakukan Flash BIos atau Firmware lainnya dari DOS 

Nah, jika kamu memang ingin membuat media instalasi bootable flashdisk untuk alasan di atas ataupun alasan lainnya maka menggunakan Rufus merupakan salah satu caranya.


Rufus ini merupakan software yang benar-benar sangat saya rekomendasikan untuk kamu yang ingin membuat media instalasi USB Bootable Flashdisk.

Hal ini karena Rufus ini benar-benar sangat ringan dengan ukuran file yang relatif sangat kecil. Selain itu software ini bersifat portable sehingga ketika kamu ingin menjalankannya maka kamu tidak perlu melalui proses instalasi terlebih dahulu.

Rufus ini juga sangat mudah digunakan sehingga kamu tidak akan kebingungan ketika menggunakannya dalam membuat USB Bootable.

Lalu pihak developer Rufus sendiri mengklaim bahwa Rufus ini merupakan software pembuat media instalasi Bootable Flahsdisk yang lebih cepet prosesnya dibandingkan dengan tools sejenis lainnya.

UNetbootin, Universal USB Installer for Windows 7 USB download tool diklaim masih kalah cepat dibandingkan dengan Rufus.

Namun, bagi saya bukan itu yang terpenting. Karena yang terpenting bagi saya adalah selama saya menggunakan rufus untuk membuat media instalasi bootable USB hasilnya tidak pernah corrupt.

Yap, sampai saat ini selama file iso yang digunakan tidak corrupt saya tidak pernah mengalami yang namanya kegagalan karena usb bootablenya terjadi corrupt file.

Bukan bermaksud membela tapi ini berdasarkan pengalaman saya. Waktu itu saya pernah membuat media instalasi USB Bootable Flasdisk untuk menginstall ulang Windows 8.1 Professional di laptop saya.

Nah, waktu itu saya coba-coba menggunakan Universal USB Installer dan ketika selesai dan ingin melakukan proses instalasi muncul peringatan bahwa filenya corrupt.

Akan tetapi ketika saya mencoba membuatnya ulang dengan menggunakan Rufus, ternyata semuanya berjalan lancar tanpa ada peringatan file corrupt seperti menggunakan Universal USB Installer.

Setelah kejadian tersebutlah saya selalu menggunakan Rufus dan menyarankannya kepada teman-teman saya yang ingin membuat media instalasi USB Bootable.

Rufus ini juga mendukung untuk membuat media instalasi USB Bootable Flashdisk untuk para UEFI dan GPT.

Yap, ada beberapa laptop atau komputer yang biosnya bertipe UEFI dan harddiks juga GPT. Tapi, tenang saja buat kamu yang partisi harddisknya bukan MBR juga dapat melakukan install ulang.

Namun, kamu harus membuat media instalasi yang khusus untuk partisi harddisk GPT dan Rufus ini juga sudah mendukungnya. Jadi nih software benar-benar bagus untuk kamu yang memang ingin membuat USB Bootable.

Cara Menggunakan Rufus Untuk Membuat Media Instalasi USB Bootable Flashdisk

Nah, untuk kamu yang ingin membuat media instalasi usb bootable dengan rufus ini maka kamu bisa melihat tutorialnya.

Sebagai contohnya disini saya akan mencoba ingin menginstall ulang laptop saya menjadi windows 8. Maka tentunya saya harus membuat media instalasinya terlebih dahulu jika ingin melakukan clean install.

Media instalasi tersebut bisa berupa Flashdisk, Harddisk External ataupun CD/DVD. Nah, saya lebih memilih flashdisk karena hanya itu yang saya punya :v.

Setelah menyiapkannya maka saya perlu burn file iso windows 8.1 ke flashdisk tersebut untuk membuat media instalasi USB Bootable Flashdisk.

Nah, disini saya akan menggunakan software bernama Rufus untuk melakukannya. Untuk langkah-langkahnya kamu bisa lihat selengkapnya di bawah ini.

  • Pertama-tama tentunya tancapkanlah flashdisk ke port usb laptop atau komputermu terlebih dahulu
    Tancapkan Flashdisk Ke Port USB Laptop
  • Berikutnya kamu backup atau pindahkan file atau data yang ada di flashdisk teresbut karena ketika melakukan proses pembuatan USB bootable maka Flashdisk akan diformat otomatis data-data didalamnya hilang
  • Setelah itu bukalah software rufus yang sudah kamu download melalui link di atas. Karena Rufus bersifat portable maka tools ini akan langsung terbuka tanpa perlu menginstallnya terlebih dahulu lalu klik tombol seperti CD disamping tulisan ISO image
    klik Tombol cd disamping tulisan iso image
  • Kemudian Carilah file iso yang akan diproses kedalam media installasi, Contoh: saya karena saya ingin menginstall Windows 8.1 Enterpise Update maka file iso windows 8.1 yang saya cari.
    Cari Lokasi file iso windows 8.1 lalu klik open
  • Kemudian jika perlu aturlah USB bootablenya sesuai dengan kebutuhan serta target systems
  • Untuk mengaturnya bisa dengan kamu atur partition scheme sesuai dengan target systems. Jika bios mu tergolong jenis UEFI, maka kamu pilih partition scheme for UEFI. Lalu jika partisi harddiskmu tergolong GPT maka pilih GPT Partition Scheme For UEFI. Hati-hati jangan salah pilih karena jika salah maka usb flashdisk tidak akan muncul di boot priority (Sekedar Info: biasanya bios berjenis UEFI adalah laptop keluaran terbaru dan biasanya juga partisi harddisknya bertipe GPT)
    Pilih Partition scheme sesuai target systems
  • Selanjutnya kamu bisa pilih juga file systems pada flashdisk, untuk yang paling cepat prosesnya adalah NTFS. (sekedar info: NTFS memang lebih cepat dari FAT32, tapi banyak laptop keluaran lama tidak support dengan flashdisk dengan file systems NTFS. Namun FAT32 didukung oleh semua laptop sehingga cocok untuk semua keluaran laptop)
    Pilih file systems untuk flashdisk
  • Selanjutnya klik start untuk membuat media instalasi bootable usb flashdisk
    Selanjutnya klik Start untuk memulai
  • Nanti akan muncul notifikasi yang mengatakan "WARNING: ALL DATA ON DEVICE WILL BE DESTROYED. To continue with this operation, click OK. To quit click CANCEL.".  Itu adalah peringatan datamu akan dihapus untuk membuat media instalasi bootable , jadi pastikan data-data di flashdiskmu sudah di backup. Jika kamu sudah siap klik ok.
    Klik ok jika ada notifikasi
  • Selanjutnya maka biarkan rufus bekerja sesuai fungsinya. Software ini akan membuat bootable usb dari file iso yang dipilih, untuk lama prosesnya tergantung dari besar file iso.
    tunngu prosesnnya sampai selesai
  • Jika sudah selesai, maka akan ada tulisan ready yang menandakan bahwa media instalasi bootablenya siap digunakan
    Jika ada sudah ada tulisan ready maka sudah selesai
  • Selanjutnya untuk memastikan bahwa flashdisk benar-benar sudah menjadi bootable flashdisk maka periksalah perangkat usbnya. Jika sudah seperti gambar dibawah ini maka sudah benar dan sudah siap untuk digunakan menginstall ulang windows
    Periksa Bootable USB

Begitulah cara membuat media instalasi USB Bootable Flasdisk yang berisikan installer windows 8.1. Dengan begini yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan clean install dengan menggunakan installer yang sudah kita buat sebelumnya menggunakan rufus.

Penutup

Selain dari kecepatannya, Rufus ini juga memiliki kelebihan lainnya yaitu sifatnya yang portable. Jadi kamu nggak perlu ribet untuk menggunakan software ini karena tidak memerlukan proses instalasi terlebih dahulu.

Lisensi software ini adalah Lisensi Publik Umum GNU (GPL) versi 3 atau yang lebih baru, kamu bebas mendistribusikan, memodifikasi bahkan menjual software rufus ini kepada kalayak umum selama kamu menghormati lisensi GPLv3.
Rufus
Rufus adalah sebuah tools yang membantu kamu dalam membuat USB Bootable Flashdisk dengan mudah dan cepat. Tools ini bersifat portable sehingga untuk menjalankannya kamu tidak perlu melakukan instalasi terlebih dahulu.
Info Software
Sistem Operasi

windows


Developer

Rufus


Kategori

Software, Systems Tools


Versi Terbaru

2.9 Build 934


Update Terakhir

17 Mei 2015


Ukuran File

911 KB

Lisensi

GPLv3 license


Tutorial

Ketentuan Pengguna
(http://www.sepukom.blogspot.com)

Disclaimer :

Beberapa Gambar dan video artikel pada yang terdapat blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber dari berbagai pihak lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut dan pengelola blog ini tidak pernah mengaku-ngaku sebagai pemilik hak cipta tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, pihak terkait dapat menghubungi Pengelola di Halaman Kontak.

Author Profile

Website:
Social Media:

Share this

Silakan bagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat dan dirasa teman-temanmu perlu mengetahuinya agar tidak kudet. Setiap share yang kamu lakukan akan membantu perkembangan blog ini dan sangat berarti tentunya.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Subscribe To Get Article

Related Posts

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Perhatian !

1. Jangan membuang-buang waktu dengan melakukan tindakan spam di kolom komentar, karena hanya komentar relevan saja yang akan diterima
2. Jika ingin menyertakan gambar, mohon dicompress terlebih dahulu di TinyPNG.com atau di CompressPNG.com
3. Tolong bantu untuk melaporkan link rusak alias error 404 not found di kolom komentar postingan yang bersangkutan atau bisa melalui Halaman Kontak
4. Jangan ragu bagi kamu yang ingin mengoreksi artikel di atas misal karena penulis memberikan informasi yang salah ataupun terdapat kata yang typo. Setiap koreksi akan sangat membantu dalam membuat artikel menjadi lebih akurat dan bermanfaat tentunya.

Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Sukai
Blogger
Disqus

0 Response to "Download Rufus 2.9 Build 934 Terbaru, Software Untuk Membuat USB Bootable Flashdisk Dengan Mudah dan Cepat"

Untuk Memasukkan Gambar Kamu Hanya Perlu Menaruh Url Gambar di Kolom Komentar